-->

Sunday, August 26, 2007

Kamis minggu lalu gw baca blog salah satu temen sma gw, ragil (joyokusumo.wordpress.com).
Gw tadinya ga tau mengenai blog ini, tapi temen2 gw yg di bali pada heboh, krn isi blog ini cukup "mengguncang" (*jaaah.. m'guncang bo'! ky goyang dangdut aja :D )
Isinya mengenai opini-opini dia ttg agama, ke-Tuhan-an.

Mgkn buat temen2 lain ato orang lain yg baca ini blog, pasti mikir temen gw ni dah gila.
Selamat datang di kebebasan berpikir!!! :)

Gw pribadi menilai itu blog yg ok banget, bisa mendatangkan pro dan kontra, komentar-komentar dan akhir nya terjadi diskusi. Harus gw akuin bikin tulisan kaya' gt ga gampang.
Buat ngaku ke diri sendiri hal-hal sifatnya sangat pribadi seperti itu aja dah susah banget, ditambah menuliskan & memperlihatkan pendapat dia ke muka umum & itu buat gw keren banget, butuh "gutz" yang besar.
Karena hal-hal mengenai agama, kepercayaan, ke-Tuhan-an (whatever their name is) adalah hal-hal yg sangat sensitif banget. Ga smua orang bisa nerima dengan pemikiran yang objektif u/ memandang permasalahan ini. Pasti ujung-ujung nya subjektifitas yang berbicara.
Yup , belive me!! I've tried it many times though! :p

I've been almost in ragil's position. Mempertanyakan hal-hal yang disebut agama, ke-Tuhan-an, bermain dengan logika. phiuuuh..!!! cape'...!!! ga ketemu-temu jawabannya :p
Mempertanyakan eksistensi Tuhan, buat gw sama aja dengan mepertanyakan eksistensi manusia itu sndr. Dari apa, buat apa, maksud-Nya apa dan apa-apa lain nya manusia itu diciptakan. Maksud gw di sini bukan menyamakan Tuhan dengan manusia.
Lama-lama cape' sndr :p I do believe there is GOD, but in someways sering juga ngrasa batasan-batasan yg ada melalui agama ato pun kitab suci itu benar-benar "pure" datang dari Tuhan ato hanya perbuatan manusia yg selalu meng-atas-nama-kan Tuhan??
Mumet juga mikirin nya :D

but then i stopped, stopped questioning bout all that. buat apa?? toh gw percaya ama Tuhan.
Gw percaya eksistensi Tuhan. Jadi menurut gw ga perlu lagi gw repot-repot mikirin knapa begini-begitu, alasan ini-itu. Biar Tuhan aja lah yang ngatur (* itu intinya percaya kan?? ;)) )
Ntar klo gw ketemu Tuhan, baru d gw tanya sgl macem-nya.